Tips Menulis Artikel Berkualitas Tinggi

Beberapa waktu yang lalu saya menjelaskan secara sederhana prosedur bagaimana menulis artikel berkualitas di blog. Dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan tips menulis artikel berkualitas tinggi. Jadi pertanyaannya sekarang adalah apa perbedaan dari kedua tips? Pada tips saya sebelumnya lebih menekankan pada aspek teknis saja, sedangkan tips yang akan saya sampaikan hari ini lebih menekankan pada substansial, tentu sangat erat kaitannya dengan tata bahasa Indonesia .

Pertanyaan berikutnya adalah apakah suatu artikel yang berkualitas tinggi ? artikel harus berkualitas tinggi sesuai dengan standar jurnalisme. Jika Anda pernah membaca surat kabar ( koran ) kolom Editorial dan kolom Opini yang menulis artikel yang sesuai standar jurnalistik. Dengan menggunakan standar Indonesia dan menggunakan terminologi akrab, sehingga mudah dimengerti oleh pembaca .

Cara memposting artikel di blog ? sejauh ini tidak ada aturan standar penulisan, sehingga kami dapat menulis artikel sesuai dengan kemampuan kita sendiri. Namun, alangkah baiknya jika kita menulis artikel yang berkualitas tinggi dalam standar penulisan blog jurnalistik. Tentu tidak ada salahnya kan?. Bahkan mungkin lebih baik, karena mudah dipahami oleh pengunjung kami .

Berbekal alasan ini, deskripsi bermutu tinggi menulis artikel tips untuk menjadi perlu dan penting bagi saya untuk menjelaskan kepada Anda semua. Tujuannya adalah semata-mata untuk kebaikan kita semua, sehingga kita bisa berimprovisasi keterampilan menulis kita di masa depan. Berikut adalah tips-nya .

Menggambarkan Judul Artikel Pasal Konten
Judul artikel harus dibuat mungkin dan semenarik mungkin yang dapat menggambarkan isi dari seluruh artikel . Sebagai contoh, judul " Cara Membuat Blog " , tentu saja akan ada menimbulkan berbagai pertanyaan , karena tidak spesifik . Akan lebih baik jika headline tulisan seperti " Cara Membuat Blog di Blogger " , sehingga orang akan mudah mengerti dan memahami isi sebelum mereka membaca seluruh ayat dalam artikel tersebut .

Dari sana , kenapa memainkan judul artikel yang sangat penting , karena judul adalah mudah dipahami dan menarik , akan membawa banyak pembaca . Oleh karena itu, tidak harus menulis judul , tetapi Anda harus harus berpikir hati-hati tentang apakah judul artikel kita akan membuat , sehingga mudah dimengerti oleh orang lain .

Gunakan Baku Indonesia
Bahasa lisan dan bahas tulisan sesuatu yang sangat berbeda, untuk penggunaan Grammar Indonesia gunakanlah sesuai dengan standar Ejaan Yang Disempurnakan ( EYD ). Jangan bingung bahasa bahasa lisan dan tertulis, karena akan sulit bagi pembaca untuk menafsirkan apa yang kita tulis. Dalam menulis artikel tidak ada kata "Aku, Loe, Gue, dan sejenisnya" . Namun, kita harus menggunakan kata "Aku , Kamu, Mereka, dan sebagainya " .

Pemberitahuan Grammar
Penggunaan Subyek, Predikat , Obyek , dan deskripsi harus dikembangkan sesuai dengan tata bahasa Indonesia . Sebagian besar dari kita sering kali menulis kalimat tanpa memperhatikan aspek-aspek tersebut . Kadang-kadang dalam menulis kita sering tidak menggunakan subjek , tetapi lebih predikat dan serangkaian deskripsi yang sangat panjang .

Penggunaan kata penghubung juga tidak boleh terlalu banyak dalam sebuah kalimat . Haruskah kita menulis kalimat singkat dan konjungsi . Apa tujuannya ? bertujuan agar mudah dipahami oleh pembaca kami .

Keberadaan 5W +1 H
Untuk menulis sebuah artikel yang berkaitan dengan fenomena / event , menggunakan 5W +1 H menjadi sangat penting . 5W +1 H adalah apa ? yaitu Apa ( apa ) , Where ( dimana ) , When ( kapan) , Who ( siapa) , Mengapa ( mengapa ) , dan Bagaimana ( bagaimana ) . Ini merupakan aspek penting yang harus dimasukkan dalam sebuah artikel , terutama artikel yang berkaitan dengan event / kejadian . Dengan begitu , pembaca akan dengan mudah menafsirkan dan memahami apa yang kita tulis .

Biasanya menggunakan 5W +1 H berkaitan erat dengan laporan yang disajikan dalam berita / koran . Jika Anda membaca sebuah artikel surat kabar pada halaman pertama , pasti Anda akan disajikan dengan sebuah berita dalam bentuk laporan. Dapat dipastikan dalam artikel berisi 5W +1 H.

Oleh karena itu , jika Anda memiliki blog niche ( blog fokus ) pada berita harian . Pastikan penggunaan 5W +1 H tidak boleh dilupakan . Karena menggunakan 5W +1 H , pembaca akan dengan mudah memahami maksud dan tujuan dari artikel Anda .

Cantumkan Sumber Data dan Valid mereka
Penggunaan data dan fakta dalam sebuah artikel menjadi sangat penting untuk memvalidasi artikel yang kita buat . Dengan data yang kita masukkan dalam sebuah artikel , maka tidak dapat diragukan validitasnya. Tentu saja, data yang valid adalah data yang diambil dari sumber yang bonafide , bukan tipuan .

Dapat menggunakan sumber data dan fakta ini sangat penting bagi udara - niche blog tentang pendidikan , kesehatan , ilmu pengetahuan , penelitian dan sebagainya . Karena informasi yang disajikan dalam artikel tersebut dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi pembaca .

Pasal deskripsi Jelaskan Topik Diskusi
Deskripsi dari artikel yang menjelaskan tentang topik itu telah menjadi sebuah kebutuhan. Dengan begitu akan ada pertandingan antara judul dan isi artikel. Adalah artikel yang sangat miskin jika isi artikel tidak sesuai dengan judul artikel .

Misalnya, ada judul artikel "Cara Mudah Mendaftar ke Google AdSense Langsung Approved". Namun, ketika seluruh artikel dibaca ternyata membingungkan pembaca dan konten tidak sesuai dengan judul artikel. Itu adalah salah satu contoh dari sebuah artikel yang buruk di mana tidak ada korespondensi antara isi dan judul artikel.

Singkat, jelas, dan padat
Dalam menyusun kalimat dan paragraf, kita harus menulis dengan singkat dan padat, yang tentu saja harus jelas bahwa isi artikel dapat dengan mudah ditangkap oleh pembaca. Hindari penggunaan konjungsi yang berlebihan dan menghindari penggunaan koma berlebihan. Lebih baik menggunakan titik daripada selalu sering menggunakan koma.

Demikian penjelasan dari tips saya menulis artikel berkualitas tinggi . Jika ada kesalahan baik dalam substansi atau artikel , saya mohon maaf sebesar-besarnya . Akhir kata dari saya , saya mengucapkan terima kasih banyak atas perhatian Anda dan saya berharap tips saya akan berguna bagi Anda semua .

Tidak ada komentar :

Posting Komentar